Scroll To Top




Sesmenpora Pimpin Rapat Persiapan PON XX Tahun 2020

Diterbitkan tanggal 19-01-2019


Rapat Koordinasi Persiapan PON dan PEPARNAS 2020


Jakarta, (18/01),- Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Biro Humas dan Hukum bersama Badan Penghubung Provinsi Papua menggelar rapat koordinasi lintas Kementerian/Lembaga untuk mematangkan penyusunan Rancangan Instruksi Presiden baru dalam mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional PEPARNAS XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020, yang pada pokoknya Kementerian/Lembaga/Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi serta kewenangan untuk mengambil langkah-langkah dalam mendukung persiapan penyelenggaraan PON dan PEPARNAS 2020.

Gatot S Dewo Broto selaku Sesmenpora dalam sambutannya menekankan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Kementerian/Lembaga yang tercantum dalam Instruksi Presiden akan mendukung secara optimal melalui peran dan fungsi masing-masing seperti halnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memberikan dukungan pembangunan venue yang sedang berjalan.

Semoga keberhasilan penyelenggaraan Asian Games XVIII dan Asian Para Games 2018 menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga nasional dan menjadi pengalaman berharga serta bisa dijadikan referensi dalam mempersipkan PON dan PEPARNAS meskipun skala level event lebih kecil, oleh karenanya kami mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan mengingat waktu yang semakin mendekat, ujat Gatot.

Dalam usulan Rancangan Instruksi baru pada prinsipnya mengakomodasi kebutuhan materi muatan yang belum tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2017 termasuk beberapa tambahan Instruksi kepada Kementerian Pertanian, Kementerian Sosial dan Badan Ekonomi Kreatif yang sebelumnya tidak ada dalam Instruksi Presiden 10/2017. 

Turut hadir pada rapat koordinasi tersebut, Asisten Daerah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga serta Badan Penghubung Provinsi Papua, Asisten Deputi Olahraga, Kemenko PMK, Asiaten Deputi Olahraga Prestasi, Kemenpora, Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintah Daerah IV, Kemendagri, unsur perwakilan Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Kominfo, dan Jajaran Biro Humas dan Hukum, Kemenpora. (Yus)